Mau Hafal Al Qur'an dengan Cepat? Buruan Baca!! Kesaksian Asli seorang Haafidz

Hafal al quran adalah sebuah dambaan dan cita cita bagi sebagian banyak orang. Bagaimana tidak? Dengan segudang keutamaan seorang hafidz pastilah banyak yang sangat mendambakan posisi ini, yaitu haafizul quran. Tapi di balik semua keutaaman yang ada, kelebihan yang dijanjikan itu semua, ada sebagian penghafal mengalami kendala dan merasa susah atau berat dalam menjalani perjuangan itu. Ada yang memiliki masalah susah hafalan, susah dalam mengulang kembali hafalan yang telah dihafal, susah bila mendapati ayat yang sama, ayat kembar, dan lain sebagainya.

Maka sangat tepat bila anda yang memiliki berbagai masalah diatas untuk membaca beberapa trik dan tips, yang in sya Allah cocok dengan anda karena artikel ini ditulis oleh orang yang telah mengalami lika liku di dunia tahfidz hingga mendapat gelar Haafizul quran.

Berikut adalah tips dan trik seputar menghafal Al Quran :

1. Ikhlas lah kawan

Kunci pertama adalah hati yang murni ikhlas, ikhlas disini bukan berarti hati harus sebersih embun pagi, sesuci telaga di pulau antah berantah, bukan, tapi hati yang SELALU BERUSAHA MELURUSKAN NIAT DAN TUJUAN yang pasti karena Allah. Kalau menunggu hati yang harus bersih, maka akan sedikit sekali orang yang sanggup mencoba menjadi Haafidzul Quran.

Kenapa ikhlas menjadi yang pertama, karena imbas niat dan tujuan akan sangat besar di waktu kedepanya. Malas nya tahfidz, susah nya murojaah atau mengulang hafalan besar kemungkinan karena hati tidak ikhlas. Bisa jadi karena iming iming beasiswa, hingga kala ia telah dapat beasiswa yang ia cari, lupa lah ia dengan hafalanya. Atau iming iming hadiah besar, hingga kala hadiah itu batal ia dapat, maka lunturlah semua semangat dan keinginannya dalam perjuangan menghafal al quran.

Beda dengan orang yang niat dan hatinya selalu memperbarui tujuanya untuk karena Allah. Peduli apa dengan hadian? Dia lebih berharap pada Allah yang pasti, dia lebih berharap pada balasan yang jauh lebih berharga dari pada iming iming duniawi. Dan semangat nya jauh lebih stabil, sesuai kadar imanya, kalau ia sedang ingat, ia semangat, maka disini, selaras sebanding dengan kadar ibadahnya.

2. Temukan tipe hafalan mu !!!

Nah ini yang sangat sangat penting setelah niat, bro, sis, akhi, ukti, merasa siang malam mencoba menghafal al quran tapi tidak hafal hafal? tidak masuk masuk? Berarti ANDA BELUM MENEMUKAN TIPE HAFALAN ANDA.

Saya sendiri, tipe saya adalah HARUS TAU ARTINYA. Itu tipe saya, bilamana saya tidak tau artinya dan saya terus menghafal siang malam, iya sih tetap hafal, tapi dalam jangka waktu yang suaangattt lama. Berbeda kalau saya baca dulu ayatnya, lalu baca artinya, pahami alur cerita atau hukum dalam al quran itu, bimsalabim, saya BISA MENGHAFAL SETENGAH JUZ HANYA DALAM WAKTU PAGI HARI SAJA.

Berikut saya bagikan tipe tipe hafalan yang saya tau:

A. waktu hafalan istimewa

Ada yang bisa cepat hafal saat sebelum tidur, ada yang saat bangun tengah malam atau sepertiga akhir baru bisa cepat hafal (kalau saya sih tidak, haha, soalnya ngantuk, buyar sudah, hahaha), ada yang bisa hafal saat disela sela waktu, misal menunggu bis, antri makan, jalan jalan sore, pokoknya setiap orang biasanya punya waktu istimewa dalam menghafal.

B. Kondisi hafalan yang istimewa

Ada yang mana saat kondisi lapar maka hafalanya langsung jadi sangat cepat, ADA, ada juga yang menghafalnya sambil ngemil jadi lancar, ada yang saat lelah dan cape hafalanya cepat meresap, tapi ada juga yang bisa nya hafalan saat fresh saja misal saat bangun subuh dan lain lain.

C. Suasana hafalan yang istimewa

Ada yang suka hafalan di tempat sepi, mojok masjid, menghadap tembok, melihat pemandangan, tapi ada juga yang tipe suasana nya ditempat ramai ramai dengan halaqoh melingkar dll.

D. Cara hafalan yang istimewa

Cara istimewa saya, baca dulu 1 halaman full, sekitar 2 - 5 kali tergantung tingkat kesulitan dari ayat tersebut. Lalu baca artinya, pahami, lalu kalau sudah paham betul hingga ke setiap kata, baru baca lagi sekali satu halaman baru hafalkan, sekejap saja sudah hafal, tapi pengalaman saya, kalau di pagi hari hafalan lebih dari 3 halaman, pasti kepala jadi sedikit pusing untuk sekitar se jam kedepan.


Itu saja beberapa tips menghafal cepat. Untuk mengatasi susah murojaah atau mengulang hafalan, dan masalah lainya, akan in sya Allah saya post di lain artikel.

Baik semoga manfaat, budayakan komen thanks dan izin share, juga like ya :)
Semoga yang disemoga cepat tersemogakan.. Aamiin

Comments

Popular Posts